About Me

header ads

Anggota DPRD Lampung Ingin Merubah Cara Pandang Masyarakat Terhadap Kaum Disabilitas


BANDAR LAMPUNG — Anggota Komisi V DPRD Lampung, Budhi Condrowati mengharapkan Provinsi Lampung dapat Ramah dengan Kaum Disabilitas.Di Swiss Hotel, Bandar Lampung. Senin (12/10/2020), saat menjadi pemateri, agenda Uji Publik Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Lampung tentang Pelayanan Kesejahteraan Disabilitas.

“Ya, saya sangat mengharapkan Perda yang baru kedepan, diharapkan menempatkan kaum disabilitas dengan ramah, dan yang lebih penting adalah menempatkan yang terbaik baik kaum disabilitas,” kata Condrowati, usai kegiatan.


Lebih dari itu, Anggota Fraksi PDIP DPRD Lampung itu Ingin merubah cara pandang masyarakat, yang semula kaum disabilitas menjadi objek tapi dirubah menjadi Subjek.


“Saya menginginkan, kaum disabilitas bisa diterima ditengah – tengah masyarakat, kemudian fasilitas umum di Lampung dapat mulai ramah dengan kaum disabilitas. Misal, di mall, terminal, pasar, dan yang lebih real di Gedung DPRD Lampung sendiri,” ujarnya.


Sebab, lanjut Condrowati bahwa sesuai UUD 45 pasal 27 ayat 2, menjelaskan setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusian. Tentu, atas dasar itu harus selaras dengan Perda no 10 tahun 2013, tentenag pelayanan dan pemenuhan hak – hak penyandang disabilitas. Sehingga, pada Uji Publik ini untuk di sempurnakan.


“Kita harus optimis perda ini bisa aberjalan, dengan catatan harus sinergi dan kerjasama dengan semua pihak, khususnya masyarakat,”


Bahkan, kata Condrowati. Hasil kunker ke Palembang Ada semacam BLK khusus kaum disabilitas milik kementrian RI, yaitu. Direktorat Disabilitas Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik “Budi Perkasa”, yang memang berperan mengakomodir kaum disabilitas. Sehingga, di didaerah tersebut sejumlah perusahaan mempekerjakan mereka dengan layak, seperti Alfa dan Indomart yang mempekerjakan kaum disabilitas.


“Ada alasan yang sangat terharu dan logis dari pihak BLK. Kalau kaum disabilitas memiliki kejujuran dan dedikasi kerja yang tinggi. Nah, saya berharap kedepan Lampung bisa seperti Palembang, dan bahkan mempunyai BLK khusus disabilitas,” tegasnya.